Kamis, 15 April 2021

Harga Sawit Semakin Baik

Angkasanews.id-
Jumat, 9 April 2021 | 00:49WIB
1 menit baca
Yuliswani
16859678893602362891

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu terus menjaga stabilitas harga komoditas perkebunan. Dikatakan Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani, menjaga stabilisasi harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit ini, sinergi dengan Dinas TPHP di tingkat kabupaten. Sehingga masyarakat petani bisa lebih cepat mendapat informasi jika terjadi lonjakan bahkan penurunan harga TBS Sawit tersebut.
“Jadi inilah tugas dari pemerintah secara berjenjang hingga ke tingkat bawah bersama para pengusaha sawit Bengkulu. Makanya harus ada kerjasama dan pihak perusahaan harus mematuhi peraturan pemerintah tentang penentuan harga TBS Sawit ini,” jelas Asisten II Yuliswani usai bersilaturahmi bersama Pimpinan Perusahaan Sawit serta Rapat Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Periode Maret 2021, di Ruang Pola Pemprov Bengkulu, Kamis (8/4).
Ditambahkan Yuliswani, dengan harga TBS Sawit yang saat ini mulai meningkat, diharapkan bisa memberikan lompatan atas kesejahteraan masyarakat petani yang tersebar di sebagian besar kabupaten se Provinsi Bengkulu.
Dijelaskan Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkabunan Provinsi Bengkulu Ricki Gunarwan, di Provinsi Bengkulu terdapat 30 perusahaan CPO tersebar mulai dari Mukomuko hingga Kaur.
Sehingga kata Ricki, petani diuntungkan, karena banyaknya permintaan. Terlebih saat ini pengolahan CPO sawit di Indonesia banyak digunakan untuk program pemerintah atas bahan pembuatan bio solar B20 dan B30, sehingga harga akan tetap stabil pada kisaran Rp.1.800 hingga Rp.2.000 per kg, walaupun harga sawit secara internasional menurun.
“Jadi kita laksanakan rapat penentuan harga TBS ini secara periodik. Tujuannya memastikan komitmen setiap perusahaan sawit di Bengkulu turut membantu menjaga dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani,” ungkapnya.
Berdasarkan data Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, selain TBS Sawit, saat ini harga komoditas karet di Bengkulu juga mengalami kenaikan harga kisaran Rp.7.000 hingga Rp.8.000 per kg. Hal ini mengingat sejak beberapa bulan terakhir permintaan bahan baku karet meningkat drastis.(ken)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

,

Ratusan Bumdes Mati Suri

PEMATANG AUR – Berbicara terkait dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berada di wilayah…

Pejabatnya Covid-19, DLH Ditutup Sementara

PEMATANG AUR – Berdasarkan izin yang dikeluarkan oleh Ketua Satgas Covid-19 Seluma, untuk mempermudah melakukan…

Bahas Tabat, DPRD Seluma Datangi DPRD BS

BENGKU SELATAN – Tapal batas Seluma dan Kabupaten Bengkulu Selatan, telah final dengan keluarnya keputusan…

Diduga Mabuk, Plt Kadis Dukcapil Kota Dicopot

BENGKULU – Asisten III Setda Kota Bengkulu M Husni ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala…

Kajari Tunggu Hasil Audit Fisik Ahli Gedung Dispendik

SELEBAR – Penanganan kasus dugaan korupsi pada rehab/perluasan gedung Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma pada…

Sidang Mantan Sekwan, Tiga Kali Ditunda

SELEBAR – Sidang terhadap mantan Sekretaris dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma,…

Aman Dikonsumsi, Daging Beredar di BS

BENGKULU SELATAN – Untuk memastikan daging yang beredar di Bengkulu Selatan (BS) layak dikonsumsi warga…

Terkait Covid, 56 Nakes Naik Pangkat

BENGKULU – Pemerintah provinsi Bengkulu memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat kepada tenaga kesehatan (Nakes), khususnya…

Dinas Ketahanan Pangan BS Temukan Bahan Pengawet di Makanan

BENGKULU SELATAN – Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan melakukan pengecekan keamanan pangan masyarakat menjelang bulan…

Komplotan Curnak Dengan Senpi Diduga Kembali Beraksi

LUBUK GILANG – Diduga komplotan Pencurian Ternak (Curnak) dengan menggunakan senjata api, kembali beraksi di…