Minggu, 7 Maret 2021

Diduga Ada Kampanye Langgar Protokol Kesehatan

Angkasanews.id-
Kamis, 8 Oktober 2020 | 07:03WIB
2 menit baca
kampanye tanpa protokol kesehatan
16859678893602362891

PASAR TAIS – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) Ilir Talo menemukan adanya dugaan pelanggaran kampanye yang tidak menerapkan protokol Kesehatan. Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Seluma dari nomor urut satu, diduga tidak mematuhi protokol Kesehatan Covid-19 saat mengelar kampanye tatap muka di Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo Minggu (04/10). Anggota Panwascam Ilir Talo Salegar Roni mengatakan, pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut saat mengelar pertemuan melanggar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).
“Mereka mengelar pertemuan tapi tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak pakai masker, tidak jaga jarak dan mengumpulkan orang lebih dari 50 orang, kami sempat menanyakan masker tapi kata mereka masih di jalan, lalu kemudian mereka menyampaikan lagi kepada kami bahwa masker tidak ada,” kata Roni kepada wartawan, kemarin.
Disampaikannya, sebelumnya dia bersama pengawas desa dan dari pihak kepolisian sudah menghimbau agar mematuhi protokol kesehatan, namun tidak diindahkan. Bahkan dia mengku sudah menghimbau secara resmi baik pasangan calon maupun pemilik rumah tempat mengelar acara. “Kita sudah menghimbau, baik himbauan untuk Paslon maupun pemilik rumah, surat peringatan sudah kita berikan juga, bukan hanya kami dari panwascam tapi dari petugas kepolisian juga sudah menghimbau,”ujarnya.
Menurutnya, karena himbauan baik secara lisan maupun tertulis tidak di indahkan oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati seluma dengan nomor urut 1 ini, maka dia melayangkan surat tembusan pelangaran tersebut ke Bawaslu Kabupaten. “Sudah saya tembuskan ke Bawaslu kabupaten,” sambungnya.
Sementara itu, Anggota Bawaslu Seluma, Divisi Pengawasan dan Penindakan, Suryadi M. At mengatakan bahwa dia belum menerima terkait surat pelanggaran tersebut. “Belum naik ke saya,” singkatnya. Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi SE M. Ak mengatakan bahwa, sesuai PKPU nomor 13 tahun 2020 terkait tatap muka calon. yang mana diterangkan pada Pasal 88D bahwa Pasangan Calon, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik pengusung, Penghubung Pasangan Calon, Tim Kampanye, dan/atau pihak lain yang melanggar protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58, Pasal 59, dan Pasal 60 dikenai sanksi. Peringatan tertulis oleh Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kabupaten/Kota pada saat terjadinya pelanggaran. Penghentian dan pembubaran kegiatan Kampanye di tempat terjadinya pelanggaran oleh Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kabupaten/Kota. Protokol kesehatan itu seperti, jaga jarak, pertemuan terbatas tidak boleh lebih 50 orang, menggunakan masker, menyiapkan hand sanitizer dan tempat cuci tangan dan tidak bersalaman. “Untuk laporan pelanggaran pasalaon 1 di Rawah Indah, kita belum mendapatkan laporan dari Bawaslu,” ucapnya.
Terpisah, ketua tim pemenangan Paslon nomor urut 1, Okti Fitriani Spd M. Si mengklaim bahwa mereka melakukan kampanye sudah mentaati protokol Kesehatan. Hanya saja, memang saat di Desa Rawa Indah, ada beberapa masyarakat yang belum menggunakan masker. Namun, setelah selesai, dibagikan masker secara gratis. “masyarakat memang tidak pakai masker dan kami bagikan masker setelah itu. Umumnya masyarakat di desa tidak pakai masker karena mereka beranggapan, satu desa itu aman dari Covid,” jelas Okti. (ndi)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Diduga Ada SPJ Fiktif

Pada Kasus Dugaan Korupsi Anggaran BBM Dan Pemeliharaan Kendaraan Dinas SELEBAR – Dalam sidang terdakwa…

Bupati Seluma dan Bupati BS Bertransformasi Melalui Kolaborasi

BENGKULU SELATAN – Bupati Seluma, Erwin Octavian SE bersama pejabat Seluma hadir di Kabupaten Bengkulu…

Calon Jamaah Haji Wajib Vaksin Divaksin

BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saat ini sedang mempersiapkan rencana keberangkatan Calon Jamaah Haji…

,

Kebakaran Pagi Tadi, Hanguskan Gudang dan 10M3 Kayu

MUARA DAMAU – Kebakaran terjadi di gudang milik Rohan (68) warga Desa Muara Danau Kecamatan…

Diberi Uang, Remaja Digarap Tetangga

SELEBAR – Aksi pencabulan terhadap anak di bawah umur lagi-lagi kembali terjadi di Kabupatrn Seluma….

Susun RKPD 2022, Bupati Sampaikan Proritas Unggulan

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Badan Perencanaan Daerah (Bapeda-Litbang) mengelar forum…

Gubernur Temui Nelayan Tradisional

BENGKULU – Polemik antar nelayan tradisional dan nelayan trawl yang sempat adu ricuh, ditengahi Gubernur…

IGI Audensi dengan Bupati

PEMATANG AUR – Bupati Seluma Erwin Octavian, SE Selasa siang kemarin, menerima kunjungan Ketua Ikatan…

Tiga Pengemudi Mobil Terlibat Laka Beruntun

TALANG SALING – Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) beruntun terjadi di ruas jalan lintas Kabupaten Seluma, tepatnya…

Okti Sebut Disperindagkop Sepelekan DPRD

PEMATANG AUR – Tidak Tersedianya anggaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Dinas Perindagkop, harus…