Sabtu, 6 Maret 2021

Banjir dan Longsor, Landa Sejumlah Titik

Angkasanews.id-
Jumat, 9 Oktober 2020 | 03:52WIB
3 menit baca
Pjs Bupati Bengkulu Selatan tinjau longsor
16859678893602362891

 

BENGKULU SELATAN – Hujan deras Rabu (7/10/2020) malam hingga Kamis (8/10/2020di Bengkulu Selatan, juga mengakibatkan banjir dan longsor di beberapa titik. Seperti di Desa Cinto Mandi, Kecamatan Pino Raya, terjadi banjir, jalan penghubung Desa Palak Bengkerung dengan Desa Penandingan Kecamatan Air Nipis putus total. Terjadinya longsor di Desa Batu Bandung kecamatan Pino perbatasan desa Batu Panco kecamatan Ulu Manna, perahu hilang di pantai mangkudum diduga dibawa arus sungai Batang aghi, Sungai Air Pino. Serta menumpuknya berbagai jenis sampah hanyut dari sungai air Manna di sepanjang bibir pantai pasar bawah.
Pantauan Radar Seluma, banjir dan lonsor membuat jalan menjadi tidak bias dilewati.
Pejabat sementara (Pjs) Bupati Bengkulu Selatan (BS), Isnan Fajri S.Sos,MKes kemarin, meninjau langsung ke lokasi bencana. Yakni di Desa Palak Bengkerung, Kecamatan Air Nipis dan Desa Telaga Dalam, Kecamatan Pino Raya.
“Ya, sudah kita tinjau terkait bencana alam melanda wilayah dalam kabupaten Bengkulu Selatan, yakni Desa Palak Bengkerung dan desa Telaga Dalam. Longsor juga terjadi di wilayah Kecamatan Ulu Manna. Tapi kondisi sudah kondusif, alat berat sudah diturunkan untuk membersihkan material longsor,’’ujar Isnan Fajri.
Ditambahkan Isnan, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan masa panik untuk keluarga terdampak bencana banjir. Setidaknya ada 15 rumah di Desa Telaga Dalam dan 51 rumah di Desa Cinto Mandi yang terdampak musibah banjir ini. Dan terkait jalan putus dan irigasi yang rusak untuk di Desa Palak Bengkerung sudah berkoordinasi dengan pihal BWS VII untuk menindaklanjuti jalan putus dan irigasi yang rusak, responnya pihak Balai akan melaksanakan kegiatan perbaikan jalan putus.
“Saya sudah berkoordinasi dengan pihal BWS VII untuk menindaklanjuti jalan putus dan irigasi yang rusak di Desa Palak Bengkerung,’’ucap Isnan.
Isnan mengatakan bahwa bencana yang terjadi ini jangan sampai saling salahkan dan ini disebabkan oleh bencana alam dan tentunya tetap disarankan agar berwaspada, guna menghindari yang tak dikehendaki seperti yang telah terjadi kepada warga sekerang terdampak banjir dan jalan putus.
Bantuan masa panik sambungnya, saat ini mulai disalurkan oleh pihak Dinas Sosial Bengkulu Selatan. Adapun bantuan masa panik yang diberikan berupa makanan instan, pakaian dan Family Kit.
Sisi lain Isnan mengajak seluruh masyarakat untuk menyikapi semua musibah yang terjadi secara arif dan bijaksana. Ya, dibalik musibah akan ada hikmah di dalamnya. Berkeyakinan di balik kesulitan – kesulitan yang terjadi ini akan ada kemudahan yang kita dapatkan.
Khususnya masyarakat Desa Cinto Mandi dan Telaga Dalam untuk selalu waspada dan siaga mengingat cuaca yang masih cukup ekstrem dengan curah hujan yang cukup tinggi.
“Semua tentunya tidak berharap musibah terjadi, namun dengan langkah pencegahan dan kesiapsiagaan sejak dini bisa mencegah terjadinya dampak musibah yang lebih besar,’’pungkas Isnan.Wadimin warga desa Penandingan, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), sangat berharap apa yang disampaikan oleh Pjs bupati BS oleh pihak balai segera melaksanakan pekerjaan perbaikan jalan yang mengalami putus disebabkan oleh bencana alam termasuk irigasi yang mengalami amblas.
“Jalan terputus dapat menyebabkan kami terganggu saat melintas dan termasuk dengan tiang listrik robo menjadikan warga tidak dapat menikmati penerangan,’’gumam Wadimin dengan kental mengucapkan bahasa serawainya.(yes)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Diduga Ada SPJ Fiktif

Pada Kasus Dugaan Korupsi Anggaran BBM Dan Pemeliharaan Kendaraan Dinas SELEBAR – Dalam sidang terdakwa…

Bupati Seluma dan Bupati BS Bertransformasi Melalui Kolaborasi

BENGKULU SELATAN – Bupati Seluma, Erwin Octavian SE bersama pejabat Seluma hadir di Kabupaten Bengkulu…

Calon Jamaah Haji Wajib Vaksin Divaksin

BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu saat ini sedang mempersiapkan rencana keberangkatan Calon Jamaah Haji…

,

Kebakaran Pagi Tadi, Hanguskan Gudang dan 10M3 Kayu

MUARA DAMAU – Kebakaran terjadi di gudang milik Rohan (68) warga Desa Muara Danau Kecamatan…

Diberi Uang, Remaja Digarap Tetangga

SELEBAR – Aksi pencabulan terhadap anak di bawah umur lagi-lagi kembali terjadi di Kabupatrn Seluma….

Susun RKPD 2022, Bupati Sampaikan Proritas Unggulan

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Badan Perencanaan Daerah (Bapeda-Litbang) mengelar forum…

Gubernur Temui Nelayan Tradisional

BENGKULU – Polemik antar nelayan tradisional dan nelayan trawl yang sempat adu ricuh, ditengahi Gubernur…

IGI Audensi dengan Bupati

PEMATANG AUR – Bupati Seluma Erwin Octavian, SE Selasa siang kemarin, menerima kunjungan Ketua Ikatan…

Tiga Pengemudi Mobil Terlibat Laka Beruntun

TALANG SALING – Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) beruntun terjadi di ruas jalan lintas Kabupaten Seluma, tepatnya…

Okti Sebut Disperindagkop Sepelekan DPRD

PEMATANG AUR – Tidak Tersedianya anggaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Dinas Perindagkop, harus…