Jumat, 26 Februari 2021

BLT UMKM Diperpanjang Hingga Desember

Angkasanews.id-
Rabu, 14 Oktober 2020 | 11:39WIB
2 menit baca
Kabid
16859678893602362891

BENGKULU SELATAN – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koprasi dan Usaha Mikro (DISPERINDAGKOP&UM) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Herman Sunarya SH, MH melalui Kabid Koprasi dan Usaha Mikro Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Yetmi Hartati S.Sos, MSi mengatakan, pemerintah saat ini memperpanjang program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai ( BLT) sebesar Rp 2,4 juta yang diberikan kepada pengusaha mikro hingga Desember 2020. Awalnya program ini akan selesai pada September 2020, namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah target pelaku usaha sebanyak 3 juta pelaku usaha mikro, maka program ini diperpanjang hingga Desember.
“Kepada pengusaha mikro agar bisa mendapatkan BLT UMKM ini. Untuk segera menyampaikan data ke DISPERINDAGKOP&UM BS, namun diharapkan berkas disampaikan secara kolektip sesuai dengan surat yang disampaikan Pjs Bupati BS Isnan Fajri S.Sos, MKes, pemerintah desa menerima berkas pengajuan dari pelaku usaha mikro. Selanjutnya menyampaikan berkas ke pihak Camat, nantinya pihak camat menyampaikan ke kantor DISPERINDAGKOP&UM. Data usulan warga dalam bentuk hard copy dan soft copy ke dinas Perindagkop dan UM kabupaten Bengkulu Selatan selanjutnya entri data secara online ini dilakukan yang tidak lain adalah untuk mengindari kerumunan, sebab saat ini Indonesia masih terdampak covid 19,’’ucap Yetmi kepada awak media, kemarin (14/10/2020).
Ia menyebut diperpanjang hingga Desember bantuan UMKM dari Banpres tentunya sangat diharapkan peran serta kepala desa dan Lurah untuk segera mengajukan data para UMKM-nya untuk mendapatkan bantuan. Yang mana batas berkas paling lambat diterima akhir November 2020. Selain itu, Yetmi juga menyampaikan kepada warga, bagi yang telah mendaftarkan diri melalui DISPERINDAGKOP&UM BS untuk tidak kembali menyampaikan data, guna menghindari data dobel. Sebab yang memberikan bantuan dan menilai/verfikasi data penyaluran bantuan adalah pihak pusat dan pihak DISPERINDAGKOP&UM BS hanya menyampaikan data melalui online.
Artinya hanya mengusulkan data calon penerima Banpres BPUM kekementrian koperasi dan UKM RI dengan tembusan dinas koperasi dan UKM provinsi Bengkulu secara online/melalui email. Artinya pihak dinas hanya mengusulkan dan yang menentukan sepenuhnya dari pusat dan siapapun yang menerima bantuan akan disalurkan langsung oleh pihak bank ke rekening penerima.
“Penyebab data dinyatakan tidak valid bisa saja karena ada beberapa poin yang dikosongkan pada saat mengisi data seperti Alamat Tempat Tinggal, Pekerjaan hingga salah menuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Makanya penyampaian data dipastikan harus benar-benar,’’tandas Yetmi.(yes)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Hasil JPT Terancam Batal Dilantik

PEMATANG AUR – Pejabat Hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II hingga saat…

Temuan Aset di Dinkes Capai Rp 7,6 M

PEMATANG AUR – Berdasarkan hasil audit Manajemen Aset Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semester I tahun…

Dua Sejoli Pemakai Narkoba Diamankan Polisi

BENGLULU SELATAN – Sepasang kekasih inisial Si (17) warga Kecamatan Mersaung, Kaur dan teman prianya…

Rumah Memprihatinkan, Berharap Dapat RTLH

KAMPAI – Rumah tidak layak huni milik Siti Amina (50), warga Desa Kampai Kecamatan Talo…

Besok Bupati Dilantik di Balai Raya Semarak Bengkulu

Dilantik di Balai Raya, Semarak Bengkulu PEMATANG AUR – Berdasarkan informasi terbaru, bahwasanya pelantikan bupati…

13 Ribu Pelayan Publik, Bakal Disuntik Vaksin Berbeda

BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengungkapkan, Provinsi Bengkulu segera menerima…

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati BS di Balai Raya

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Rabu (24/2/2021) kemarin gelar rapat persiapan pelantikan…

Erwin – Gustianto Dilantik Jumat

PEMATANG AUR – Jika tidak ada perubahan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Seluma Erwin Oktavian…

Virtual, Undangan Pelantikan Bupati Dibatasi 25 Orang

BENGKULU – Mengingat masih dalam kondisi pendemi Covid-19, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih se…

Maret, Pembayaran Gaji PNS BS Gunakan Aplikasi SIPD

BENGKULU SELATAN – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten BS telah resmi menerapkan…