Kamis, 15 April 2021

BPK Mulai Audit LKPD Pemerintah Daerah

Angkasanews.id-
Selasa, 23 Maret 2021 | 02:32WIB
1 menit baca
196ADFD6-2AB2-48CA-957F-03D509D436AF
16859678893602362891

BENGKULU – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bengkulu telah menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran (TA) 2020 dari Pemprov Bengkulu dan Pemda 10 kabupaten/kota. Dari hasil pemeriksaan laporan, BPK akan menyerahkan hasil LHP sebagai dasar penilaian untuk menyatakan opini sesuai dengan tingkat temuan pemeriksaan.
Plh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bengkulu, Indra Syahputra, mengatakan LHP nantinya akan disampaikan ke Pemprov melalui sidang paripurna DPRD Provinsi Bengkulu. Ada tujuh kompenan yang akan diperiksa. Mulai laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan keuangan, laporan arus kas, laporan neraca keuangan, laporan laba rugi dan laporan perubahan ekuitas.
“Produk penilaiannya adalah WTP (wajar tanpa pengecualian) ataupun WDP (wajar dengan pengecualian). Jadi tergantung hasil penilaian atas penyajian laporan,” terang Indra, usai penyerahan LKPD kepada Pemprov Bengkulu, Senin (22/3).
Pemeriksaan, sambungnya, akan dilakukan selama 35 hari kedepan, mulai Selasa (23/3). LHP akan diserahkan setelah 60 hari dan semua OPD akan diperiksa secara terinci, sehingga tidak terjadi kesalahaan.
“Di tengah pendemi covid-19 ini, pemeriksaan akan memanfaatkan teknologi. Semua proses audit dilakukan dengan mematuhi Prokes (protokol kesehatan,red),” tegasnya.
Sementara itu, Gubernur, Rohidin Mersyah, meyakini tahun ini Pemprov Bengkulu dapat kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sudah dipertahankan dalam tiga tahun berturut-turut. “Insyallah, kita berusaha keras untuk itu (meraih WTP),” ujar Rohidin.
Rohidin mengatakan laporan keuangan yang telah diserahkan sebenarnya telah dilakukan pemeriksaan pendahuluan oleh BPK sejak awal Februari lalu. Hasilnya, ada beberapa temuan administratif yang terjadi.
“Kemarin sudah kita upayakan untuk tidak lanjut dari OPD terkait. Setelah diperbaiki, LKPD kemudian diserahkan kepada BPK untuk diaudit,” tutur Rohidin. (cia)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

,

Ratusan Bumdes Mati Suri

PEMATANG AUR – Berbicara terkait dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berada di wilayah…

Pejabatnya Covid-19, DLH Ditutup Sementara

PEMATANG AUR – Berdasarkan izin yang dikeluarkan oleh Ketua Satgas Covid-19 Seluma, untuk mempermudah melakukan…

Bahas Tabat, DPRD Seluma Datangi DPRD BS

BENGKU SELATAN – Tapal batas Seluma dan Kabupaten Bengkulu Selatan, telah final dengan keluarnya keputusan…

Diduga Mabuk, Plt Kadis Dukcapil Kota Dicopot

BENGKULU – Asisten III Setda Kota Bengkulu M Husni ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala…

Kajari Tunggu Hasil Audit Fisik Ahli Gedung Dispendik

SELEBAR – Penanganan kasus dugaan korupsi pada rehab/perluasan gedung Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma pada…

Sidang Mantan Sekwan, Tiga Kali Ditunda

SELEBAR – Sidang terhadap mantan Sekretaris dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma,…

Aman Dikonsumsi, Daging Beredar di BS

BENGKULU SELATAN – Untuk memastikan daging yang beredar di Bengkulu Selatan (BS) layak dikonsumsi warga…

Terkait Covid, 56 Nakes Naik Pangkat

BENGKULU – Pemerintah provinsi Bengkulu memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat kepada tenaga kesehatan (Nakes), khususnya…

Dinas Ketahanan Pangan BS Temukan Bahan Pengawet di Makanan

BENGKULU SELATAN – Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan melakukan pengecekan keamanan pangan masyarakat menjelang bulan…

Komplotan Curnak Dengan Senpi Diduga Kembali Beraksi

LUBUK GILANG – Diduga komplotan Pencurian Ternak (Curnak) dengan menggunakan senjata api, kembali beraksi di…