Kamis, 13 Mei 2021

Bunga Rafflesia Mekar di Kedurang

Angkasanews.id-
Senin, 25 Januari 2021 | 02:07WIB
2 menit baca
bungarafflesia
16859678893602362891

BENGKULU SELATAN – Saat ini di Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), ditemukan bunga Rafflesia yang mekar sempurna. Bangu ini ditemukan saat jelajah goa gunung hutan desa (penggude). Bahkan adan 80 bonggol bunga Rafflesia tumbuh di sekitar bunga yang sudah mekar.
Ketua Penggude Exsi Febri menuturkan, ditemukannya bunga Rafflesia tumbuh mekar sempurna di hutan kemasyarakatan (HKm) di desa Batu Ampar Kedurang. Untuk menuju lokasi dapat ditempuh dari pusat desa berjalan kaki selama 1 jam.
Setelah dilakukan pendataan oleh Penggude ada sekitar 80 bonggol tumbuh di lokasi yang sama, yang baru mekar terdata sekitar 18.
Bunga Rafflesia ini diakui bunga yang unik dan ketika mekar mengeluarkan bau yang terlalu busuk ini dibuktikan ketika bunga mekar dengan sempurna namun diakui ada bau keluar itupun tidak seberapa menyengatnya.
Bunga Rafflesia mekar sempurna tidak dapat diprediksi dan paling lama empat atau lima hari namun para pengujung untuk melihat secara langsung bunga Rafflesia di Kedurang dapat menghubungi pihak penggunde.
“Kami pastikan bunga Rafflesia bakal tumbuh dan mekar sepanjang 2021, berdasarkan banyaknya bonggol bunga tumbuh di sekitar lokasi seluas 2 hektar yang masih sangat sejuk, dan terawat,’’ungkap Exsi sapaan akrap kepada awak media, Sabtu (23/1/2021).

Lanjutnya, bunga Rafflesia diakui tumbuh kesukaanya di akar Ghunut (bahasa serawainya) namun bunga ini tidak bisa diambil atau di pindahkan, sebab bunga ini sudah dilindungi. Bagi yang melanggar dikenakan denda dan bisa di hukum penjara. Penggunde terlibat dalam penjagaan lokasi mengajak masyarakat untuk tetap bersama-sama menjaga tumbuhan langka tersebut, agar menjadi wisata alam dan dapat menjadi destinasi wisata oleh pengujung.
“Perhatian pemerintah dalam mendukung Penggunde penjagaan potenisi wisata alam di BS dalam hal pemberian fasiltas pendukung menuju lokasi sangat diharapkan,’’pesan Exsi.
Diaz salah satu pengujung warga kota Manna sangat puas melihat secara langsung bunga Rafflesia tumbuh mekar sempurna khususnya di hutan kemasyarakatan desa Batu Ampar Kedurang, dan baru pertama kalinya melihat secara dekat.
“Sangat puas melihat bunga Rafflesia tumbuh mekar secara sempurna, dan mengucapkan terima kasih kepada Penggunde telah menemani perjalanan menuju lokasi sekaligus pemandu,’’pungkas Diaz.
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, akan mengembangkan wisata bunga Rafflesia guna menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Drs Yulian Fauzi, menuturkan habitat bunga Rafflesia tumbuh selain di Kedurang di Ulu Manna, Seginim, dan sudah menyampaikan ke Penggunde untuk menjaga lokasi ini agar bonggol-bonggol yang masih belum mekar dapat terpelihara, dan kedepan dapat dikembangkan di BS.
“Biasanya kami terkoordinasi dengan BKSDA BS akan bunga Rafflesia mekar di BS, ini puspa langka yang dilindungi dan diakui bunga Rafflesia mekar tidak mengenal musim. Bunga ini bisa menjadi destinasi wisata menarik. untuk itu, menjaga habitat Rafflesia agar tidak dirusak oleh oknum tidak bertanggungjawab,’’ucap Yulian..(yes)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

,

Mantan Sekwan Seluma Divonis 15 Bulan Penjara

SELEBAR – Mantan (eks) Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Seluma, Eddy Soepriady, M Si, divonis bersalah….

,

Temuan 15 M, Sebabkan BS Gagal WTP

BENGKULU SELATAN – Pemda BS kembali gagal meraih WTP dalam pengelolaan pemerintahan BS tahun ini….

Terjun di Bendungan, Pelajar SMPN 39 Seluma Tenggelam

RANTAU PANJANG – Pelajar kelas II SMPN 39 Seluma, bernama Mikri (13) warga Desa Tebat…

Anggaran Minim, Upayakan Pinjaman Daerah

BENGKULU SELATAN – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE.MM menyampaikan di hadapan anggota DPRD…

Gelar Sholat Id di Masjid, Kapasitas Hanya 50%

PEMATANG AUR – Berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Agama (Kemenag) RI nomor 07 tahun 2021…

Setelah 18 Tahun, Pertama Kalinya Seluma Raih WTP

PEMATANG AUR – Setelah penantian panjang, memasuki usia ke 18 tahun, akhirnya Kabupaten Seluma meraih…

Tabat BS-Seluma Sudah Final

BENGKULU SELATAN – Permasalahan tapal batas (tabat) Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Seluma dinyatakan selesai…

Jabatan Direktum PDAM BS Ramai Peminat

BENGKULU SELATAN – Seleksi calon Direktur PDAM Tirta Manna belum dimulai, karena sampai saat ini…

Hari Ini, Eks Sekwan Jalani Sidang Vonis

SELEBAR – Sesuai dengan jadwal agenda sidang terhadap terdakwa kasus korupsi anggaran BBM dan pemeliharaan…

,

Mantan Wabup Seluma Ditangkap di Hotel

BENGKULU – Setelah diburu sekitar 2 bulan, mantan Wakil Bupati Seluma, Mufran Imron, SE akhirnya…

Kesehatan

Langganan Konten

Berlangganan buletin kami untuk mendapatkan berita terbaru, berita populer, dan pembaruan eksklusif.

Loading