Selasa, 22 Juni 2021

Cek eform.bri.co.id, Informasi Penerima BLT UMKM

Angkasanews.id-
Sabtu, 28 November 2020 | 23:47WIB
2 menit baca
Herman-Sunarya-SH-MH-bs-1
16859678893602362891

 

BENGKULU SELATAN – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disprindagkop dan UKM) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Herman Sunarya SH, MH mengatakan saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) sudah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) atau disebut juga Bantuan Presiden Produktif) kepada UMKM yang terdampak Covid-19. Untuk mendapatkan BLT UMKM saat ini diterapkan sistem jaga jarak. Pendaftar bisa menghubungi Dinas Koperasi dan UMKM. Pelayanan dilakukan secara kolektif disampaikan melalui pihak pemerintah desa dan kecamatan selanjutnya disampaikan ke
Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Nantinya data tersebut disampaikan ke Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) via online. “Ya, tahap pertama realisasi BLT UMKM yang diajukan sudah cair namun secara kolektif data ada di bank penerima yang menyalurkan, kami sifatnya hanya mengusulkan. Bahkan tahap dua pun sebagian sudah ada yang cair,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disprindagkop dan UKM) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Herman Sunarya SH, MH.
Menurut Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bengkulu Selatan bagi penerima yang hilang data disistem dan padahal sebelumnya namanya ada dan nebdapatkan bantuan, Maka tidak perlu panik, tak perlu gebuh-gebuh datangi kantor Disprindagkop dan UMKM BS. Cukup mengakses e-form BRI dan dipastikan nama penerima akan bisa dicek disana. “Saat ini diakui adanya perubahan sistem, sehingga sulit mengakses situs penerima bantuan namun tidak usah kawatir,” beber Herman Sunarya.
Herman Sunarya, sampaikan kembali saat ini pendaftar untuk dapatkan bantuan UMKM sudah mencapai angka 24 ribu lebih bahkan diprediksi peserta bakal bertambah, sebab ada dua kecamatan di BS masih mengusulkan data ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disprindagkop dan UKM) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), ditambah batas akhir pendaftaran November 2020. “Warga tak tahan lagi untuk mengetahui terdaftar atau tidak sebagai penerima bantuan BLT UMKM bisa dengan cara cek penerima BLT Covid dari kementerian di eform.bri.co.id. Selanjutnya klik BPUM (Cek Data BPUM). Akan keluar jendela cek Penerima PPUM UMKM. Selanjutnya masukkan Nomor KTP dan Kode Verifikasi. Klik proses Inquiry. Jika nomor eKTP terdaftar sebagai penerima bantuan BPUM BRI, maka nama Anda akan muncul pesan Nomor eKTP terdaftar sebagai penerima BPUM atas nama Badu misalnya dengan nomor rekening 128900. Untuk verifikasi dan pencairan hubungi kantor BRI terdekat membawa eKTP dan sebaliknya apabila nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima, maka disarankan melakukan pendaftaran kembali.
Sekedar untuk diketahui Program BLT UMKM ini Rp 2,4 juta bersumber dari APBN melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI. BLT UMKM ini ditujukan untuk membantu UMKM yang belum terakses kredit perbankan agar usahanya dapat berjalan kembali dan mampu bertahan menghadapi fase new normal. Program ini dapat diikuti pelaku usaha mikro dan ultra mikro sesuai dengan ketentuan UU 20 Tahun 2008, dan tidak sedang menerima kredit perbankan. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi UMKM jika ingin mendaftarkan diri dalam program ini. Syarat lengkap dapat ditanyakan ke dinas koperasi masing-masing wilayah. (yes)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Kulit dan Tulang Harimau Dihargai Rp 80 Juta

DI SISI LAIN, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung…

Sindikat Pedagang Hewan Langka Diringkus

BENGKULU – Subdit Tipidter Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu Bersama Ditjen Gakkum Kementrian LHK RI, Balai…

,

Siapkan Alternatif Lahan Gedung Perpusda

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan untuk memiliki gedung Perpustakaan dan kearsipan…

Nyabu di Pesta Nikah, 7 Warga Ditangkap

PADANG GENTING – Masyarakat Desa Padang Genting, Kecamatan Seluma Selatan pada Minggu (20/6) sore, dihebohkan…

Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Harus Dimulai dari Keluarga

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, perlindungan hak-hak perempuan dan anak harus dimulai dan…

,

Sebelum Audit, Kejari Ekspose DD Cawang Ke Inspektorat

SELEBAR – Kejaksaan Negeri Seluma saat ini terus melakukan pengusutan kasus dugaan penyelewengan anggaran Dana…

Kapolres Pastikan Tertibkan Balap Liar

PEMATANG AUR – Maraknya aksi Balap Liar di wilayah perkantoran Pemkab Seluma, ke depannya akan…

Hujan Deras, Tapak Paderi Longsor

BENGKULU – Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bengkulu sejak malam kemarin (16/06) mengakibatkan pembatas…

3 Tiang Listrik Patah Diterjang Angin, Listrik Padam Semalam

AIR TERAS – Hujan deras, disertai angin kencang malam kemarin sekitar pukul 11.00 WIB. Menyebabkan…

10 Nakes Positif Covid 19 Tambahan 15 Kasus Baru

PEMATANG AUR – Kasus Covid-19 di Kabupaten Seluma kembali meledak. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan…