Kamis, 15 April 2021

Ingin Wujudkan Pabrik CPO Mini, Bupati ke PT Raja Ampat

Angkasanews.id-
Senin, 15 Maret 2021 | 00:48WIB
2 menit baca
Gusnan_Mulyadi
16859678893602362891

BENGKULU SELATAN – Harga tandan buah segar (TBS) sering anjlok belakangan ini. Para petani kelapa sawit di Bengkulu Selatan (BS), kerap menjerit. Selain karena faktor harga minyak sawit dunia yang turun dan pelemahan nilai tukar rupiah, diduga penyebab lain adanya permainan harga dari pabrik kelapa sawit. Kedepan kejadian seperti ini diharapkan tidak terulang lagi.
Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi, SE.MM mengatakan, bahwa seperti diketahui, selama ini petani sawit hanya sebagai produsen Tandan Buah Segar (TBS) yang menjadi bahan baku minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) yang diolah di Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Jadi wajar saja para petani sawit kerab menjerit karena harga TBS yang sering anjlok.
“Maka dari itu kami gagas berdirinya pabrik – pabrik CPO mini di Bengkulu Selatan. Namun ini baru gagasan atau ide. Mudah – mudahan bisa terwujud, kalau soal teknis mesin-mesin dan lainnya semua sudah punya solusi katakan sudah 90%, namun kita masih mengkaji kelayakan ekonominya, kalau layak kita lanjutkan kalau tidak layak kita tunda dulu,”ujar Bupati.
Guna mewujudkan harapan itu. Orang nomor satu di Bumi Sekundang ini bersama Kepala Dinas Pertanian BS, Silustero berdiskusi bersama sejumlah pihak teknis yang akan membantu berdirinya pabrik CPO Mini di BS ini. Salah satunya yakni dengan PT Raja Ampat di Jakarta soal mesin CPO Mini.

“Untuk mengembangkan ide berdirinya pabrik CPO Mini ini. Kami telah mulai mencari solosi yang caranya dengan berdiskusi dengan pihak industri penyedia alat – alat mesin pabrik perkebunan pertanian. Salah satunya yakni dengan PT Raja Ampat di Jakarta,”ucap Bupati.
Dia mengaku untuk mewujudkan berdirinya pabrik CPO Mini di BS bukanlah hal mudah. Butuh perjuangan panjang karena program tersebut merupakan hal baru di BS.
“Pastinya terus berusaha untuk mewujudkan hal ini. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan hasil jual atau penghasilan para petani sawit khususnya di Bengkulu Selatan. Semoga perjuangan ini diberikan jalan oleh tuhan karena kita manusia hanya bisa berencana dan tuhanlah yang nanti akan memberikan jalan atau bahkan menutup jalan tersebut,”pungkas Bupati.(yes)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

,

Ratusan Bumdes Mati Suri

PEMATANG AUR – Berbicara terkait dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berada di wilayah…

Pejabatnya Covid-19, DLH Ditutup Sementara

PEMATANG AUR – Berdasarkan izin yang dikeluarkan oleh Ketua Satgas Covid-19 Seluma, untuk mempermudah melakukan…

Bahas Tabat, DPRD Seluma Datangi DPRD BS

BENGKU SELATAN – Tapal batas Seluma dan Kabupaten Bengkulu Selatan, telah final dengan keluarnya keputusan…

Diduga Mabuk, Plt Kadis Dukcapil Kota Dicopot

BENGKULU – Asisten III Setda Kota Bengkulu M Husni ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala…

Kajari Tunggu Hasil Audit Fisik Ahli Gedung Dispendik

SELEBAR – Penanganan kasus dugaan korupsi pada rehab/perluasan gedung Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Seluma pada…

Sidang Mantan Sekwan, Tiga Kali Ditunda

SELEBAR – Sidang terhadap mantan Sekretaris dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma,…

Aman Dikonsumsi, Daging Beredar di BS

BENGKULU SELATAN – Untuk memastikan daging yang beredar di Bengkulu Selatan (BS) layak dikonsumsi warga…

Terkait Covid, 56 Nakes Naik Pangkat

BENGKULU – Pemerintah provinsi Bengkulu memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat kepada tenaga kesehatan (Nakes), khususnya…

Dinas Ketahanan Pangan BS Temukan Bahan Pengawet di Makanan

BENGKULU SELATAN – Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan melakukan pengecekan keamanan pangan masyarakat menjelang bulan…

Komplotan Curnak Dengan Senpi Diduga Kembali Beraksi

LUBUK GILANG – Diduga komplotan Pencurian Ternak (Curnak) dengan menggunakan senjata api, kembali beraksi di…