Jumat, 26 Februari 2021

Lubuk Ipuh, jadi Destinisasi Wisata

Angkasanews.id-
Sabtu, 19 Desember 2020 | 04:14WIB
2 menit baca
16859678893602362891

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ulu terus berusaha menciptakan wisata Lubuk Ipuh menjadi Industri wisata yang bermanfaat bagi masyarakat. Yang tak lain adalah untuk meningkatkan perekonomian warga.
“Nantinya akan memberikan pembekalan kepada Sumber daya manusia yang ada untuk bisa memnfaatkan wisata Lubuk Ipuh sebagai wadah untuk peningkatan perekonomian masyarakat, seperti menyajikan berbagai macam kuniler yang bisa dinikmati oleh para pengunjung,”ungkap Pjs Kepala Desa Lubuk Sirih Ulu Adang Sutrisno,SE kepada awak media, kemarin (18/12/2020).
Selain itu, pemdes Lubuk Sirih Ulu juga akan melakukan koordinasi kepada Dinas Pariwisata yang ada di Bengkulu Selatan, serta menyiapakan SDM yang paham tata cara mengelola tempat pariwisata, sehingga para wisatawan bisa merasa aman, nyaman dan betah serta mempunyai keinginan untuk kembali lagi.
“Meskipun nanti dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai PJS Kepala Desa karena statusnya PNS. Tetapi mengharapakan apa yang sudah dibangun nantinya bisa dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat sekitar,”pungkas Adang sapaan akrab.
Sebelumnya pemerintah desa (pemdes) sudah merencanakan untuk memperindah wisata Lubuk Ipuh, karena adanya pandemi Covid – 19 hal ini menjadikan program tertunda, terlebih sudah dibangunnya Gazebo bagi pengunjung yang datang untuk bersantai, bahkan tahun depan akan melakukan pemagaran makam agar lebih enak dipandang dan terawat.
Sementara itu, Camat Manna Turman, SE mengatakan pembangunan tempat wisata yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ulu dari tahun 2018 baik itu pembuatan Gazebo, WC umum dan pembuatan jalan. Setidaknya Pemerintah Kabupaten bisa memperkenalkan wisata ini di Provinsi Bengkulu, baik dari Bengkulu Selatan bahkan dari Kabupaten lain bisa berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya, nantinya mampu meningkatkan Perekonomian masyarakat.
Turman menambahkan ada peninggalan sejarah di Wisata Lubuk Ipuh, yakni ada kuburan Puyang Ipuh yang diatas makamnya terdapat sebuah meriam, konon cerita bagi siapa yang mampu mengangkat meriam tersebut dia merupakan keturunan dari puyang Ipuh.

“Ya, wisata Lubuk Ipuh ini bisa dikolaborasikan dengan sungai yang ada di dekatnya dengan membuat tempat bersantai dan tempat mandi, sehingga suasana alam yang ada disana bisa dirasakan oleh wisatawan yang berkunjung. Apalagi disana banyak perkebunan warga, seperti perkebunanan jagung, cabe, timun dan ini bisa dimanfaatkan oleh warga dengan mengajak para wisatwan untuk langsung memetik hasil kebun yang ada disana dan pada akhirnya mendapatkan penghasilan para petani,”demikian Turman.(yes)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Hasil JPT Terancam Batal Dilantik

PEMATANG AUR – Pejabat Hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II hingga saat…

Temuan Aset di Dinkes Capai Rp 7,6 M

PEMATANG AUR – Berdasarkan hasil audit Manajemen Aset Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semester I tahun…

Dua Sejoli Pemakai Narkoba Diamankan Polisi

BENGLULU SELATAN – Sepasang kekasih inisial Si (17) warga Kecamatan Mersaung, Kaur dan teman prianya…

Rumah Memprihatinkan, Berharap Dapat RTLH

KAMPAI – Rumah tidak layak huni milik Siti Amina (50), warga Desa Kampai Kecamatan Talo…

Besok Bupati Dilantik di Balai Raya Semarak Bengkulu

Dilantik di Balai Raya, Semarak Bengkulu PEMATANG AUR – Berdasarkan informasi terbaru, bahwasanya pelantikan bupati…

13 Ribu Pelayan Publik, Bakal Disuntik Vaksin Berbeda

BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengungkapkan, Provinsi Bengkulu segera menerima…

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati BS di Balai Raya

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Rabu (24/2/2021) kemarin gelar rapat persiapan pelantikan…

Erwin – Gustianto Dilantik Jumat

PEMATANG AUR – Jika tidak ada perubahan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Seluma Erwin Oktavian…

Virtual, Undangan Pelantikan Bupati Dibatasi 25 Orang

BENGKULU – Mengingat masih dalam kondisi pendemi Covid-19, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih se…

Maret, Pembayaran Gaji PNS BS Gunakan Aplikasi SIPD

BENGKULU SELATAN – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten BS telah resmi menerapkan…