Kamis, 4 Maret 2021

10 Desa di Seluma Terendam Banjir

Angkasanews.id-
Jumat, 9 Oktober 2020 | 00:57WIB
2 menit baca
Banjir di 10 desa di Kecamatan SA dan SAM Seluma Bengkulu
Banjir di 10 desa di Kecamatan SA dan SAM Seluma Bengkulu
16859678893602362891

SAM – Musibah bencana banjir kembali melanda wilayah Kabupaten Seluma, setelah sempat melanda di empat kecamatan yakni di wilayah Kecamatan Ulu Talo, Talo, Kecamatan Ilir Talo dan Kecamatan Seluma Selatan. Pada Kamis (8/10) dinihari, musibah banjir kembali melanda dua Kecamatan berbeda, yakni Kecamatan Semidang Alas (SA) dan Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Ratusan rumah warga yang berada di 10 desa di wilayah Kecamatan SA dan SAM yang kembali terendam musibah banjir. Dari informasi yang diperoleh di lapangan, musibah bencana banjir yang melanda di 10 desa tersebut telah terjadi sejak Kamis (8/10) dinihari. Luapan air sungai Muara Maras yang disebabkan lantaran curah hujan yang tinggi merendam setidaknya ada sebanyak kurang lebih ratusan rumah warga di 10 desa. “Untuk sekarang yang terkena musibah banjir ada sembilan desa untuk di wilayah Kecamatan SAM. Kita juga telah melakukan pemantauan, untuk kondisi kedalaman air bervariasi. Dari ketinggian 50 cm, 80 cm hingga ada sampai ketinggian 2 meteran, itu berada di Desa Talang Kemang,” sampai Kapolres Seluma, AKBP Swittanto Prasetyo, S.Ik melalui Kapolsek SAM, Ipda Prengki Sirait, SH saat dikonfirmasi Radar Seluma.
Adapun untuk desa-desa yang terkena dampak bencana banjir untuk di wilayah Kecamatan SAM yakni, Desa Gunung Bantan Desa Maras Bantan, Desa Gunung kembang, Jambat Akar, Maras Tengah, Talang Alai, Talang Kemang, Serian Bandung dan Desa Muara Maras. Sedangkan untuk di wilayah Kecamatan SA terdapat satu desa yang terendam banjir. Yakni Desa Maras Jauh. “Ketingian air yang merendam rumah warga di sembilan desa ini, ketinggiannya bervariasi, mulai dari 50 centimeter sampai 2 meter. Terkait dengan jumlah rumah yang terendam sampai saat ini belum diketahui secara total berapa jumlahnya yang pasti akibat meluapnya sungai maras ini ada sekitar tujuh desa terisolir. dan sampai saat ini debit air masi tetap naik,” terang Kapolsek SA.
Diterangkan Kapolsek, untuk debit air mulai masuk ke rumah warga sejak kurang lebih pukul 03.30 WIB pagi kemarin. Air sempat mengalami penurunan. Hanya saja sekitar pukul 13.00 WIB, terlihat debit air kembali naik. Kapolsek SA mengharapkan kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan musibah banjir yang telah melanda pada saat ini. “Untuk korban samai saat ini tidak ada. Hanya saja kerugian material lantaran rumah warga beserta isinya terendam air,” terangnya.
Sementara itu menurut Kepala Desa Gunung Batan Supinra yang diketahui juga merupakan salah satu desa yang terisolir akibat meluapnya sungai maras saat berusaha dikonfirmasi mengatakan, jika sampai dengan saat ini ketingian air yang merendam desa Gunung Bantan mencapai 2 meter. “Untuk saat ini ada 266 rumah yang terendam dengan ketingian air mencapai 2 meter. Untuk korban jiwa sampai saat ini tidak ada. Namun kerugian materil akibat banjir ini jelas sangat tinggi,” tambahnya.
Supinra juga mengatakan, tak hanya merendam pemukiman warga saja. Musibah banjir tersebut juga puluhan perkebunan milik warga. Bahkan akibat luapan banjir tersebut, membuat tanaman padi milik warga mengalami kerusakan dan beberapa hasil panen yang belum sempat dipindahkan ikut terbawah arus. “Kalau di desa Gunung Bantan ini ada sekitar 50 hektar sawah yang terendam. Kemaren itu padi hasil panenan kan masih banyak di tengah sawah dengan banjir ini dipastikan hasil panen itu hanyut,” ujarnya.(ctr)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

IGI Audensi dengan Bupati

PEMATANG AUR – Bupati Seluma Erwin Octavian, SE Selasa siang kemarin, menerima kunjungan Ketua Ikatan…

Tiga Pengemudi Mobil Terlibat Laka Beruntun

TALANG SALING – Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) beruntun terjadi di ruas jalan lintas Kabupaten Seluma, tepatnya…

Okti Sebut Disperindagkop Sepelekan DPRD

PEMATANG AUR – Tidak Tersedianya anggaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Dinas Perindagkop, harus…

Bupati Soroti Pesta Kurang Patuh Prokes

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 secara resmi…

Gubernur Bengkulu Ajak Masyarakat Cintai Produk Daerah

BENGKULU – Dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia (Gernas…

Gubernur Minta Ada Lompatan Kinerja

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menginginkan adanya transformasi serta lompatan perubahan dalam kinerja birokrasi…

Mutasi di BS Tertunda Izin Mendagri

BENGKULU SELATAN – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi,SE.MM dan Wakil Bupati BS, Rifa’i Tajudin…

Ulil Sarankan Gelar Seleksi Sekda Seluma

PEMATANG AUR – Hingga saat ini Sekda Seluma masih dijabat oleh penjabat. Sehingga DPRD Seluma…

8 Maret, Sekolah Tatap Muka di Seluma

PEMATANG AUR – Berdasarkan hasil rapat yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Seluma dan Satgas Covid…

Sertijab Plh Bupati dan Bupati/Wabup Terpilih Digelar

BENGKULU SELATAN – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Bengkulu Selatan (BS) menggelar Rapat Paripurna serah terima…