Selasa, 22 Juni 2021

Giliran Mantan Plt Kadis Diknas Diperiksa Jaksa

Angkasanews.id-
Jumat, 23 Oktober 2020 | 01:29WIB
2 menit baca
KAJARI Seluma
16859678893602362891

 

SELEBAR – Penanganan kasus dugaan penyimpangan pada rehab/perluasan gedung Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Seluma pada tahun 2019 yang lalu terus dilanjutkan. Kembali pada Rabu (21/10) kemarin, Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Seluma, melakukan pemeriksaan terhadap mantan Plt Kadis Diknas Kabupaten Seluma. Serta dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) selaku Pokja 1.
Dari pantauan Radar Seluma, pemeriksaan yang telah dilakukan oleh penyidik Pidsus Kejaksaan Negeri Seluma terhadap mantan Plt Kadis Diknas Kabupaten Seluma. Yakni diketahui berinisial MA. Serta dua orang Popja 1 yakni, YY, dan Em dilakukan cukup lama. Pemeriksaan terhadap ketiganya dilakukan secara berbeda dan dilakukan secara tertutup di ruang Pidsus Kejaksaan Negeri Seluma. Pemeriksaan telah dilakukan sejak pagi, sekitar pukul 10.00 WIB hingga sore hari sekitar pukul 17.00 WIB lebih.
“Iy tadi (Kemarin, Red), ada tiga orang yang kembali kita lakukan pemeriksaan. Ketiganya yakni, MA selaku Pejabat Pelaksana Kegiatan (PPK). Dan dua orang selaku panitia Pokja 1 dalam kegiatan rehap/perluasan gedung Diknas,” sampai Kajari Seluma, Muhammad Ali Akbar, SH, MH melalui Kasi Pidsus, Ahmadi, SH saat dikonfirmasi Radar Seluma.
Ahmadi menyampaikan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap mantan Plt Kadis Diknas dan panitia Popja 1 tersebut terkait dengan penanganan kasus dugaan penyimpangan pada rehab gedung Diknas Kabupaten Seluma pada tahun 2019 yang lalu. Yang mana sebelumnya diketahui juga, sejak bulan Juli yang lalu. Telah dilakukan Pengumpulan Data dan Keterangan (Pulbaket) oleh pihak Kejaksaan Negeri Seluma. Rehab gedung Diknas Kabupaten Seluma pada tahun 2019 yang lalu dengan pagu anggaran sebesar kurang lebih Rp 800 juta. Namun belakangan saat rehab dilakukan, seluruh bangunan gedung sebagai aset Seluma dihancurkan tanpa persetujuan DPRD. “Saat ini masih dalam tahap penyelidikan. Kita masih akan memintai keterangan para pihak terkait dalam pelaksanaan rehap gedung tersebut,” ujarnya.
Diketahui juga, permintaan keterangan tersebut dilakukan setelah adanya laporan akan dugaan penyimpangan rehab gedung Diknas Kabupaten Seluma tahun 2019. Terkait proses administrasi dan penganggaran, serta lelang hingga pada rehab gedung Diknas Kabupaten Seluma. Dari pembangunan yang sudah dilakukan, bahwasanya bangunan Diknas lama sudah tidak bisa dimanfaatkan. Lantaran bangunan lama sudah dihancurkan. Sedangkan seharusnya pemusnahan aset harus mendapatkan perhatian setujuan DPRD. Sehingga pemusnahan aset tersebut diduga menyalahi aturan lantaran tidak dilakukan secara prosedural. Dampaknya, dengan adanya permasalahan ini Kantor Diknas Kabupaten Seluma juga terancam terbangkalai. Pasalnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma tidak menyetujui anggaran tambahan perehaban kantor tersebut di tahun 2020 ini yang diusulkan mencapai Rp 2,5 miliar.(ctr)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Harus Dimulai dari Keluarga

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, perlindungan hak-hak perempuan dan anak harus dimulai dan…

,

Sebelum Audit, Kejari Ekspose DD Cawang Ke Inspektorat

SELEBAR – Kejaksaan Negeri Seluma saat ini terus melakukan pengusutan kasus dugaan penyelewengan anggaran Dana…

Kapolres Pastikan Tertibkan Balap Liar

PEMATANG AUR – Maraknya aksi Balap Liar di wilayah perkantoran Pemkab Seluma, ke depannya akan…

Hujan Deras, Tapak Paderi Longsor

BENGKULU – Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bengkulu sejak malam kemarin (16/06) mengakibatkan pembatas…

3 Tiang Listrik Patah Diterjang Angin, Listrik Padam Semalam

AIR TERAS – Hujan deras, disertai angin kencang malam kemarin sekitar pukul 11.00 WIB. Menyebabkan…

10 Nakes Positif Covid 19 Tambahan 15 Kasus Baru

PEMATANG AUR – Kasus Covid-19 di Kabupaten Seluma kembali meledak. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan…

Sekda Defenitif Harus Sejalan dengan Bupati

PEMATANG AUR – Tahapan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama saat ini sudah memasuki babak…

,

1.085 PPPK akan Diterima, Siap-Siap Saja

PEMATANG AUR – Pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) saat ini masih menunggu…

,

Mau Jadi Dirut PDAM BS, Ayo Daftar

BENGKULU SELLATAN – Pendaftaran seleksi calon Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manna Kabupaten…

,

Billy Tegaskan akan Perjuangkan Usulan Warga Seluma

BENGKULU – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Dapil Seluma, Billy Dwitrata Sunardi mendapatkan Usulan dari masyarakat…