Kamis, 4 Maret 2021

Indomaret Belum Kantongi Syarat Bermitra

Angkasanews.id-
Senin, 18 Januari 2021 | 02:11WIB
2 menit baca
belum izin
16859678893602362891

PEMATANG AUR – Faktor utama Dinas Prindagkop Seluma tidak mengizinkan dan memberikan rekomendasi terhadap keberadaan, retail waralaba Indomeret adalah tidak adanya syarat bermitra dengan Industri Kecil Menengah(IKM) serta Usaha Kecil Menengah(UKM) yang tertuang dalam Syarat dari Kementerian Perdagangan No 70. “Selama Manajemen Indomaret belum mengantongi syarat bermitra ini kita tidak bisa merekomendasikan untuk dibukanya dan beroprasinya Indomaret ini,” kata Kepala Dinas Disperindagkop dan UKM H Mulyadi Joyo Martono MM didampingi Kabid Perdagangan Ir Bainal Amien ST kepada wartawan, kemarin. Menurutnya, keberadaan retail waralaba yang belum memiliki izin Wajib ditutup terlebih dahulu. Serta tidak ada lagi pembangunan baru untuk Indomaret. Selama belum adanya izin dan rekomendasi dari dinas terkait. “Sebelum ada izin dikeluarkan jangan dulu beroperasi, wajib ditutup terlebih dahulu,” sampainya. Ditambahkannya bahwa, saat ini keberadaan dua retail Indomaret yang belum dikeluarkan rekomendasi dari Disperindagkop. Seperti pada Indomaret yang berlokasi di Kelurahan Sembayat Kecamatan Seluma Timur dan Indomaret yang berada di Desa Sengkuang Kecamatan Seluma Selatan. Setelah dilakukan sidak, Dinas Perindagkop tegaskan untuk segera ditutup. Dan untuk tidak beroprasi terlebih dahulu sepanjang belum dilengkapi. Bukan surat pernyataan yang hingga detik ini belum dilengkapi pada izin lainnya. “Untuk sembayat sendiri itu juga belum ada rekom yang dikeluarkan, perizinan itu seharusnya menerbitkan izin setelah ada rekomendasi dari dinas teknis. Ini mereka sudah beroperasi baru melakukan pengurusan izin. Kita tegaskan saat ini tidak ada lagi pembangunan Indomaret, stop seluruhnya yang tidak memiliki izin untuk beroperasi,” tambahnya.
Ditambahkannya, pihak Disperindagkop bakalan memberikan rekomendasi dengan beberapa ketentuan, seperti melihat dampak sosial ekonomi di masyarakat. Serta melengkapi berkas perjanjian kerjasama dengan IKM Dan UKM di kabupaten Seluma. Kemarin dua gerai ini resmi ditutup. Serta dilarang untuk beroperasi. Sampai mereka menyelesaikan semua perizinan termasuk rekomendasi dari Dinas Perindagkop dan UKM Seluma. Serta ini bagian dari perintah Bupati Seluma. “Sebelumnya sudah kami sidak. Sudah kami lakukan pemeriksaan. Serta kami sama sekali belum mengeluarkan rekomendasi untuk mereka beroperasi. Tapi nyatanya justru mereka sudah membuka gerai ini serta mulai beroperasi. Jadi ini jelas menyalahi aturan,” tandasnya. (ndi)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

IGI Audensi dengan Bupati

PEMATANG AUR – Bupati Seluma Erwin Octavian, SE Selasa siang kemarin, menerima kunjungan Ketua Ikatan…

Tiga Pengemudi Mobil Terlibat Laka Beruntun

TALANG SALING – Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) beruntun terjadi di ruas jalan lintas Kabupaten Seluma, tepatnya…

Okti Sebut Disperindagkop Sepelekan DPRD

PEMATANG AUR – Tidak Tersedianya anggaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di Dinas Perindagkop, harus…

Bupati Soroti Pesta Kurang Patuh Prokes

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan bersama Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 secara resmi…

Gubernur Bengkulu Ajak Masyarakat Cintai Produk Daerah

BENGKULU – Dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia (Gernas…

Gubernur Minta Ada Lompatan Kinerja

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menginginkan adanya transformasi serta lompatan perubahan dalam kinerja birokrasi…

Mutasi di BS Tertunda Izin Mendagri

BENGKULU SELATAN – Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi,SE.MM dan Wakil Bupati BS, Rifa’i Tajudin…

Ulil Sarankan Gelar Seleksi Sekda Seluma

PEMATANG AUR – Hingga saat ini Sekda Seluma masih dijabat oleh penjabat. Sehingga DPRD Seluma…

8 Maret, Sekolah Tatap Muka di Seluma

PEMATANG AUR – Berdasarkan hasil rapat yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Seluma dan Satgas Covid…

Sertijab Plh Bupati dan Bupati/Wabup Terpilih Digelar

BENGKULU SELATAN – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Bengkulu Selatan (BS) menggelar Rapat Paripurna serah terima…