Minggu, 28 Februari 2021

Ratusan Warga Kekurangan Air Bersih

Angkasanews.id-
Jumat, 9 Oktober 2020 | 09:53WIB
2 menit baca
Padi terendam air karena banjir
16859678893602362891

 

JAMBAT AKAR – Pasca banjir yang menimpa warga Serian Bandung, Talang Alai, Talang Kemang Jambat Akar, Gunung Kembang, Maras Bantan, Gunung Bantan, Serian Bandung, dan Muara maras. Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Kemarin, warga mulai membutuhkan bantuan khususnya air bersih dan air minum. Bahkan sebagian warga juga butuh makanan setelah kebutuhan beras tidak bisa dimanfaatkan lagi setelah banjir. Kemudian, warga juga belum bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. “Yang dibutuhkan sekali adalah air minum dan air bersih dan beras untuk makan. Seluruhnya sudah tidak bisa gunakan lagi,” kata warga Jambat Akar, Sarjono Mg kepada wartawan, kemarin.
Saryono menjelaskan bahwa, jika banjir ini sudah terjadi dua hari. Namun hingga sore kemarin, warga tidak dapat bantuan apapun dari desa, kecamatan dan Pemda Seluma. Mengingat kebutuhan air sangatlah di butuhkan. Setelah seluruh kawasan desa jambat akar tergenang air termasuk kawasan persawahan. “Sawah dan kolam lele ikut ilang akibat banjir. Sehingga kami butuhkan bantuan,”sampainya.
Terpisah, Toyo Ardi (50) salah seorang petani di desa Jambat Akar mengalami kerugian cukup besar. Pasalnya 20 hektare sawah siap dan setelah usai panen padi ikut hanyut di terjang banjir. Hanya menyisakan beberapa saja serta dan itupun telah basah. “Biasanya kami bisa menghasilkan 20 karung gabah. Namun saat ini tidak bisa karena sudah hanyut,” tandasnya.
Dikeluhkannya juga, jika saat ini 1/3 hasil panen saja yang bisa terselamatkan dalam bentuk gabah kering. Diterangkan jika banjir kemarin malam sempat sampai 2 M. Namun lumbung padi yang ada tidak bisa terselamatkan. Sehingga padi yang sudah di panen ikut hanyut di terjang banjir.
“Apa boleh buat lagi banjir melanda dan kondisi juga malam hari,” sambungnya. Untuk diketahui bahw, sebanyak 9 desa di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dan kecamatan Semidang Alas (SA) terendam banjir air. Yaitu Desa Serian Bandung, Talang Alai, Talang Kemang Jambat Akar, Gunung Kembang, Maras Bantan, Gunung Bantan, Serian Bandung, dan Muara maras. Beruntung banjir musiman ini tidak ada korban jiwa.
“Sekarang debit air memang sudah mulai surut dan tinggal membersihkan dan beres -beres lagi. Ini merupakan air sungai maras meluap dan kerap terjadi dan ketinggian banjir ini berfariasi ada yang 1-2 Meter,”ujarnya. Hingga pukul 16.00 WIB kemarin, kondisi air masih belum surut. Mengingat air sungai yang meluap terus ditambah lagi dengan hujan masih terjadi. Untuk jumlah ruma sampai saat ini belum di ketahui berapa jumlahnya yang pasti akibat meluapnya sungai maras ini sembilan desa terisolir. Dan sampai saat ini debit air masi tetap naik. (ndi)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Program 100 Hari Kerja, Dongkrak Pertanian dan Perdagangan

BENGKULU SELATAN – Bupati Bengkulu Selatan (BS), terpilih, Gusnan Mulyadi, SE.MM dan Wakilnya bupati BS,…

7 Bupati-Wabup Dilantik, Gubernur Harap Perkuat Sinergi

BENGKULU – Pasca dilantik di Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo (25/02), Gubernur Bengkulu…

Tuduh Kades Pengadaan Fiktif, Oknum LS Minta Rp. 25 Juta

Ditangkap Polsek Talo, Warga Wayhawang Kaur TALO – Polsek Talo meringkus AP, SH (32), yang…

Hasil JPT Terancam Batal Dilantik

PEMATANG AUR – Pejabat Hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II hingga saat…

Temuan Aset di Dinkes Capai Rp 7,6 M

PEMATANG AUR – Berdasarkan hasil audit Manajemen Aset Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semester I tahun…

Dua Sejoli Pemakai Narkoba Diamankan Polisi

BENGLULU SELATAN – Sepasang kekasih inisial Si (17) warga Kecamatan Mersaung, Kaur dan teman prianya…

Rumah Memprihatinkan, Berharap Dapat RTLH

KAMPAI – Rumah tidak layak huni milik Siti Amina (50), warga Desa Kampai Kecamatan Talo…

Besok Bupati Dilantik di Balai Raya Semarak Bengkulu

Dilantik di Balai Raya, Semarak Bengkulu PEMATANG AUR – Berdasarkan informasi terbaru, bahwasanya pelantikan bupati…

13 Ribu Pelayan Publik, Bakal Disuntik Vaksin Berbeda

BENGKULU – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengungkapkan, Provinsi Bengkulu segera menerima…

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati BS di Balai Raya

BENGKULU SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Rabu (24/2/2021) kemarin gelar rapat persiapan pelantikan…