Senin, 1 Maret 2021

Senin, Inspektorat Audit Tiga Desa

Angkasanews.id-
Kamis, 11 Februari 2021 | 02:07WIB
2 menit baca
inspektorat Dedy Rahmadani
16859678893602362891

PEMATANG AUR – Jika tidak ada perubahan jadwal, tim auditor Inspektorat Seluma akan turun ke desa guna melakukan audit pemeriksaan khusus terhadap penggunaan Dana Desa (DD), tiga desa yang tidak menyelesaikan penutupan kas pada akhir tahun 2020 lalu. Ketiga desa yang dilakukan audit khusus yaitu, Desa Arang Sapat Kecamatan Lubuk Sandi, Desa Kayu Elang Kecamatan Semindang Alas dan Desa Tanjung Seru Kecamatan Seluma Selatan. Inspektur Daerah Deddy Ramdhani SE M. SE MA mengatakan, tim akan turun melakukan pemeriksaan terhadap penyebab terjadinya keterlambatan penutupan kas tiga desa tersebut. “Tiga tim akan turun ke tiga desa yang sebelumnya tidak menyelesaikan penutupan kas hingga akhir tahun,” kata Deddy kepada wartawan, kemarin.
Ditegaskannya, tiga desa ini dilakukan audit khusus lantaran tidak menyelesaikan penutupan kas pada akhir penutupan buku tahun 2020 lalu. Selain itu, juga ada laporan masyarakat yang masuk ke Inspektorat. “Kita akan mencari tahu, apa penyebab terjadinya keterlambatan penutupan kas ini. Nanti tim akan melakukan audit terhadap serapan dana desa,” tambahnya.
Audit ini tentunya akan dilakukan secara bertahap. Hal yang diaudit ini berkaitan dengan adanya indikasi penyimpangan terkait dengan penyerapan DD. Hanya saja, mengenai hasil audit ini terlebih dahulu akan disimpulkan nantinya setelah selesai dilakukan audit. “Hasilnya bagaimana, tindaklanjutnya seperti apa, kita konfirmasi lagi nanti. Yang jelas kita lakukan audit terlebih dahulu,” tandasnya.
Sebenarnya menurut Deddy tutup buku itu tidak repot. Mereka cukup menyampaikan berapa uang masuk, penggunaannya serta yang masih tersisa di rekening. ‘’Kita tidak meminta penyampaian LPJ,” tambahnya.
Deddy menegaskan, jika pada saat dilakukan audit khusus terhadap tiga desa tersebut ditemukan adanya kerugian atau penyelewengan terhadap penggunaan Dana Desa tahun 2020, maka akan dilanjutkan proses lebih lanjut. “Sementara kita lakukan dulu audit, nanti jika terbukti adanya penyelewengan atau kerugian atas penggunaan DD tersebut, maka akan kita lanjutkan,” sampainya.
Sejauh ini belum ada kepastian untuk sanksi terhadap ketiga desa tersebut. Karena memang proses audit baru akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang. Sementara itu, selain tiga desa tersebut, ada juga satu Organisasi Perangkat Darah (OPD) yang juga tidak menyampaikan pelaporan tutup buku, yaitu Kecamatan Semidang Alas (SA). Terhadap satu OPD ini nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini agar diketahui apa permasalahan tidak dilakukan tutup buku. “Biasanya ada permasalahan dalam interen pemerintah desa itu sendiri. Salah satunya, tidak sejalan. Tapi kita tetap akan telusuri terlebih dahulu,” tandasnya. (ndi)

Tulis Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini Lainnya

Gelapkan Mobil, Warga Jeranglah Tinggi Diamankan

BENGKULU SELATAN – Inisial Ju (29) warga Desa Jeranglah Tinggi, Kecamatan Manna di tahan dalam…

Usai Dilantik, Bupati Wabup Kumpulkan Kepala OPD

PEMATANG AUR – Satu hari usai di Lantik Bupati Seluma, Erwin Octavian SE dan Wakil…

Program 100 Hari Kerja, Dongkrak Pertanian dan Perdagangan

BENGKULU SELATAN – Bupati Bengkulu Selatan (BS), terpilih, Gusnan Mulyadi, SE.MM dan Wakilnya bupati BS,…

7 Bupati-Wabup Dilantik, Gubernur Harap Perkuat Sinergi

BENGKULU – Pasca dilantik di Istana Negara oleh Presiden RI Joko Widodo (25/02), Gubernur Bengkulu…

Tuduh Kades Pengadaan Fiktif, Oknum LS Minta Rp. 25 Juta

Ditangkap Polsek Talo, Warga Wayhawang Kaur TALO – Polsek Talo meringkus AP, SH (32), yang…

Hasil JPT Terancam Batal Dilantik

PEMATANG AUR – Pejabat Hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II hingga saat…

Temuan Aset di Dinkes Capai Rp 7,6 M

PEMATANG AUR – Berdasarkan hasil audit Manajemen Aset Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semester I tahun…

Dua Sejoli Pemakai Narkoba Diamankan Polisi

BENGLULU SELATAN – Sepasang kekasih inisial Si (17) warga Kecamatan Mersaung, Kaur dan teman prianya…

Rumah Memprihatinkan, Berharap Dapat RTLH

KAMPAI – Rumah tidak layak huni milik Siti Amina (50), warga Desa Kampai Kecamatan Talo…

Besok Bupati Dilantik di Balai Raya Semarak Bengkulu

Dilantik di Balai Raya, Semarak Bengkulu PEMATANG AUR – Berdasarkan informasi terbaru, bahwasanya pelantikan bupati…